Harus gitu gak percaya ke semua orang? Harus gitu?

Hampir sama sih intinya sama cerita gue. Jadi ceritanya gini.

Suatu hari pas ibu lagi panas panasnya mikirin hari pernikahannya mbakku yg kedua (win). Biasa laah kan namanya juga acara nikahan itu banyak banget pikirannya. Dari mikir tempat, dekorasi, sampe masakann pun dipikir detil deh.
Nah pas itu tuh ibu ku lagi mikir buat beli bumbu bumbu dan rempahb rempah buat masakan nikahan. Rencana sih besok mau beli gitu. Nah tiba tiba itu temennya ibuku(guru) dateng ke sekolahnya ibuku sambil nangis nangis. Dia bilang " bu yakin bu. Kali iki aku mesti dipecat." Sambil nangis bilang gitu ke ibuku.
Ibuku dengan baik hati menerima keluh kesah temennya itu. " heh kok iso dipecat?"
"Mesti dipecat iki bu. Yakin bu" masih sambil nangis
"Iyo ning kepie kok teko teko wis nangis karo muni meh dipecat ki ngopo" ibu gue tambah bingung dan pusing. Tadinya aja lagi mikirin nikahan yg ruet eh ini malah dateng temen nangis nangis.
"Aku raiso mbalekke duit tabungan(mungkin tabungan murit) 2.5 juta bu." Bilang temen ibuku
"LHA mosok mung ko ngoni nganti dipecat. Lha kok iso raiso mbalekke brg ki pie?"
"Iyo bu tenan bu tenan. UPT ngonku ncen wong.e galak galak. Masalah cilik iso di gawe ngono bu. Ya allah bu demi allah bu aku yo ra ngerti bu tapi iki duite raono. Demi allah" kira kira gitu dia bilang sambil nangis. Yang dia bilang galak itu UPT apa apa gue lupa. Yang jelas para pengawas guru guru gitu. DPRnya guru lah.

Nah karena rasa iba yang bener bener dari ibuku ini ya :v ibuku malah ikut nangis juga.... tambah pousing tuh ibuk... toh ibu tau rasanya perjuangan jadi PNS guru kaya apa... masak di pecat cuma gara gara 2.5 jeti.

Ibuku bilang sambil nangis.
" aku ono sih duit. Tapi meh kanggo gawe sesuk"
"Iyo bu aku jolih disik. Tenan nko tak balekke...(nko itu maksudnya nanti malem). Waulohi demi allah bu. Aku njaluj tulung tenanan..."
Dengan sedikit bimbang ibuku kasih pinjem duit yang buat beli bumbu bumbu dapur buat nikahannya mbak win ke temen ibu tadi"

Yaudah singkat cerita ibuku pulang kerumah (ngak pergi pergi soalnya nungguin temennya tadi. Semua acara ditunda) dari sore sampe malem di tunggu gak dateng dateng itu temen ibuku, ibuku mulai khawatir. Soalnya duit bener benr kudu dipake besok. Mbak ku yang marah karena ibu malah minjemin duit buat temennya bikin ibu tambah pusing. Ibuku bener bener gak bisa tidur mikirin masalah ini. Dan akhirnya emang sampe pagi gak dateng. Sms ga dibales. Telp gak diangkat. Semua komunikasi ke temen ibuku tadi terputus.

Saat itu bener bener ibuku tertekan.,, kasihan bgt gue denger ceritanya...
Dan akhirnya gimana coba ibu nutup uang belanja bahan masakan itu? Ibuku njual pohon pohon yang dulu ditanam almarhum bapak gue.... cuma buat nutup ?2.5 jeti... padahal itu rencana buat tabungan cadangan semisal ada apa apa. Soalnya cuma ibuku yg kadi tulang punggung. Tapi tabungan itu ilang cuma buat2.5juta.

Dan lebih rese nya lagi tuh ya.... pas beberapa hari tuh yaa... ibuku denger itu temen ibuku abis gadaikan surat intensif. Nah ibuku langsung deh ke rumahnya dia. Tapi disana cuma ada suaminya. Sampe jam 8 malem ibuku nunggu di rumahnya dia. Tp blum pulang pulang. Suaminya bilang kalo istrinya lagi ngamnil dana belum dan  pulang. Padahal ngambil dana gadaiin surat kek gityu katanya kudu suami istri dateng. Ah paling juga dia lagi sembunyi dikamar. Yaudah jam 8 ibuku pulang. Trus subuh buta udah kerumahnya lagi. Biar gak kabur lagi. Dan ada dirumahnya... katanya semalem pulang jam 8.30. Heleh
Nah yang lebih kamvret lagi nih dia bilang. " halah nek njenengan duit wis limpah" sambil ngakak diabilang kek bigitu. Gak inget apa kemarin janji janjinya gimana. Pake nama tuhan lagik. Pake nangis nangis lagik. Ih kalo gue ketemu rasanya pgn gue jotos tuh gigi pas lagi ngakak...

Apa harus gitu ya kami membuang simpati kami biar gak  ketipu sama janji janji busuk kayak itu? Masak iya sini kudu waspada ke semua orang. Tolong berhenti membuat janji kosong. Bilang aja belum tentu jadi apa gimana. Kami gak mau empati kami hilang dan harus waspada ke teman teman kami. Gak mau empati kami hilang dan kudu waspada ke semua orang. Kami cuma ingin hidup tenang

See ya :*

LINK DOWNLOAD DIBAWAH INI  Disarankan mendownload lewat PC karena ukuran cukup besar